iOS 18 Fokus ke AI, Update Fitur Besar-besaran

JakartaApple akan mengumumkan iOS 18 di event Worldwide Developers Conference (WWDC) pada bulan Juni mendatang. Kabarnya sistem operasi terbaru untuk iPhone itu akan membawa banyak fitur baru yang fokus ke AI (kecerdasan buatan).
Menurut laporan jurnalis Bloomberg Mark Gurman, iOS 18 — yang dikenal dengan kode Crystal secara internal — diprediksi akan menjadi update software terbesar dalam sejarah iPhone.

“Saya diberi tahu bahwa sistem operasi baru ini dipandang oleh perusahaan sebagai salah satu pembaruan iOS terbesar — jika bukan yang terbesar — dalam sejarah perusahaan,” kata Gurman, seperti dikutip dari 9to5Mac, Selasa (30/1/2024).

“Dengan pengetahuan tersebut, konferensi pengembang Apple di bulan Juni seharusnya akan menjadi cukup menarik,” sambungnya, merujuk kepada WWDC.

Selain fitur AI, Gurman mengatakan ada banyak hal baru lainnya yang akan hadir di iOS 18. Head of Software Engineering Apple Craig Federighi sebelumnya pernah mengatakan kepada karyawan Apple bahwa iOS 18 akan membawa perubahan yang ambisius.

Gurman tidak menyebutkan fitur baru apa saja yang akan hadir di iOS 18. Namun sebelumnya ia sudah memberikan soal bocoran fitur AI yang akan tersedia di iOS 18 termasuk:

• Asisten virtual Siri yang lebih pintar dan ditenagai teknologi large language model (LLM)


• Integrasi AI di aplikasi Messages yang bisa menjawab pertanyaan dan melengkapi kalimat secara otomatis


• Fitur AI baru untuk Apple Music yang bisa menciptakan playlist secara otomatis


• Integrasi AI generatif ke aplikasi iWork, termasuk Keynote dan Pages


• Fitur AI generatif di Xcode yang memungkinkan developer membuat aplikasi baru dengan lebih cepat.

Pada November 2023, Apple mengumumkan aplikasi Messages di iPhone akan mendukung standar RCS menjelang akhir tahun 2024. Dilihat dari jadwalnya, sepertinya fitur RCS akan diperkenalkan di iOS 18.

Baca juga :  Selain China, Saudi Arabia, UEA ikut memborong Chip AI Nvidia.

Saat ini belum ada informasi tambahan soal fitur baru di iOS 18 yang masih dalam tahap pengembangan. Kita tunggu saja pengumuman resmi Apple di ajang WWDC 2024.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

POPULER

Recent Comments

Discover more from Ar2 Published

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading